Senin, 27 Oktober 2014

Logic

Apa itu Logic atau Logika?
Logika adalah alat untuk mengembangkan kesimpulan yang masuk akal berdasarkan himpunan data. Logika bebas dari emosi dan terlibat khusus dengan informasi dalam bentuk yang paling murni.

Ada banyak himpunan bagian dalam studi logika, termasuk logika informal, logika formal, logika simbolik, dan logika matematika


Logika Informal
Logika informal adalah mode yang digunakan dalam penalaran sehari-hari dan analisis argumen. Logika informal terdiri dari dua jenis penalaran: 


-Penalaran deduktif.  
Salah satu jenis penalaran logis adalah deduktif. Penalaran deduktif menggunakan informasi untuk satu set besar dan berlaku bahwa informasi kepada setiap anggota himpunan itu.
Sebagai contoh:  

Semua profesor bahasa Inggris membosankan (premis khusus)
Lauren adalah seorang profesor bahasa Inggris (premis umum)
Oleh karena itu, Lauren membosankan (kesimpulan)  

Premis utama membuat pernyataan tentang anggota profesi. Premis minor mengidentifikasi anggota profesi itu. Kesimpulannya menyatakan bahwa sejak Lauren adalah anggota profesi, maka ia harus memiliki karakteristik dikaitkan dengan profesi secara keseluruhan.
 

-Penalaran induktif
Tipe lain dari penalaran logis adalah induktif. Penalaran induktif menggunakan data spesifik untuk membentuk yang lebih besar, umum kesimpulan. Hal ini dianggap sebagai kebalikan dari penalaran deduktif.  

Sebagai contoh:
Kemarin, saya berangkat kerja pukul 07:15 dan tiba di tempat kerja tepat waktu. Hari ini, saya berangkat kerja pukul 07:15 dan tiba di tempat kerja tepat waktu. Oleh karena itu, jika saya meninggalkan rumah pukul 7:15, saya akan selalu tiba di tempat kerja tepat waktu.
Dalam contoh ini, saya memiliki satu set kecil data (dua hari setelah tiba tepat waktu), dan saya telah menyimpulkan bahwa ini akan selalu menjadi kasus.


 
Saya yakin kamu mungkin telah memperhatikan beberapa masalah dengan contoh-contoh di atas. Semua profesor bahasa Inggris tentu tidak membosankan dan pola lalu lintas tidak selalu sama (terutama jika kamu harus berkendara melewati area perbelanjaan utama pada waktu Natal untuk pergi bekerja).

Penalaran deduktif hanya bekerja ketika premis khusus dan premis umum benar. Menggunakan kata-kata seperti 'semua' umumnya akan memalsukan pernyataanmu (hanya satu contoh sebaliknya diperlukan). Namun, jika kamu menggunakan kata-kata seperti 'banyak' atau 'beberapa', kurang lebih premismu akan ditolak. Jadi, ketika menggunakan jenis penalaran ini, pastikan premismu diverifikasi.

Penalaran induktif membutuhkan banyak data. Semakin banyak data yang kamu punya, semakin mudah bagi pembacamu untuk membuat lompatan yang diperlukan untuk kesimpulanmu. Semakin banyak data, semakin pendek lompatan.
 

Kekeliruan logis  
Logical fallacies are incorrectly reasoned facts. Ada banyak kesalahan logis, tapi yang lebih populer adalah sebagai berikut:

Ad hominem: Terjemahan harfiah dari istilah ini adalah 'orang tersebut. "Ini adalah ketika kita menyerang orang, bukan menyerang argumen. Alih-alih mengatakan bahwa saya bodoh untuk percaya bahwa jika saya berangkat kerja setiap hari pada saat yang sama saya akan tiba tepat waktu, kamu harusnya menyerang kurangnya data.

Stereotip: Tanpa kita sadari kita menggunakan stereotip sepanjang waktu. Menyatakan bahwa semua Profesor bahasa Inggris yang membosankan adalah stereotip.
 

Faulty Sampling: Argumen saya tentang tiba tepat waktu untuk bekerja menggunakan faulty sampling. Saya hanya memiliki dua titik data yang tidak mewakili keseluruhan. (Dua hari cuaca cerah, saya tidak harus  menyekop mobil saya keluar dari salju.)

Dilema palsu: Seringkali kita menyederhanakan. Sebuah dilema palsu menyiratkan bahwa hanya ada dua pilihan. Sebagai contoh, pernyataan kamu bersama kami atau melawan kami adalah dilema palsu. Pilihan ketiga adalah ketidakpedulian.

Post Hoc / Ergo propter Hoc: Terjemahan Latin adalah 'Itu terjadi sebelum ini, oleh karena itu terjadi karena hal ini. "Pernyataan seperti, "Setiap kali saya mencuci mobil saya,selalu turun hujan.
 

Logika Formal
Formal penawaran logika dengan penalaran deduktif dan validitas kesimpulan yang dihasilkan. Untuk argumen untuk bekerja, kesimpulan logis harus mengikuti premis dan premis harus benar.

Sebagai contoh:  

Setiap kucing adalah mamalia.  
Beberapa karnivora kucing.  
Oleh karena itu, beberapa karnivora adalah mamalia.

atau

Setiap dosen harus memiliki gelar minimal master

Beberapa teman saya adalah dosen.  
Oleh karena itu, beberapa teman saya memiliki setidaknya gelar master.

Sumber:  http://education-portal.com/academy/lesson/what-is-logic-definition-examples-quiz.html#lesson

Tidak ada komentar:

Posting Komentar