Minggu, 22 Maret 2015

Religion nd Arts

1. Religion

1.1 Pengertian Religions

Religion aau dalam bahasa Indonesia kita sebut Agama menurut Wallace adalah keyakinan seseorang atau ritual dengan makhluk gaib dan kekuatan.

Agama pada dasarnya adalah sikap dasar manusia yang seharusnya kepada Tuhan.Agama mengungkapkan diri dalam sembah dan bakti sepenuh hati kepada Tuhan. Agama merupakan hasil usaha manusia, yang dikembangkan dalam rangka mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan pengungkapan iman. Jadi, Agama adalah institusi atau ruang tempat pengembangan dan penghayatan dimensi social dari iman kepada Tuhan.

1.2 Berbagai Macam Agama di Indonesia

Ada 6 Agama yang diakui di Indonesia yaitu Agama Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu, dan Kong hu cu.

1.3 Agama Kristen

Bagi agama Kristen (Katolik dan Protestan) cinta Tuhan yang begitu besar pada manusia terwujud dalam diri Yesus Kristus. Bahkan lebih lagi, Yesus Kristus dipandang sebagai puncak perwujudan kasih Tuhan pada manusia. Allah, yang begitu mulia turun ke dunia, meninggalkan kemulian-Nya, mengambil bentuk hamba, dan menjadi sama seperti manusia, kecuali dalam hal dosa. Ini yang terjadi dalam peristiwa Natal, yakni peristiwa Allah menjadi manusia, yang lahir dari seorang perawan Maria. Secara eksplisit, Injil Yohanes menyatakan sebagai berikut: "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.(Yohanes 3:16).

1.4 Pengalaman Akan Tuhan

Karena begitu banyak penyertaan dan pengasihan Tuhan dalam hidup saya, sampai saya bingung apa yang harus saya ceritakan. Begitu banyak kasih setia Tuhan dalam hidup saya karena bagaimana saya sekarang, semua adalah karena Tuhan sangat baik dan selalu menyertai saya. Jika saya sedang mengalami kesulitan atau pergumulan, saya akan berdoa meminta pertolongan pada Tuhan. Ia selalu menjawab setiap doa-doa saya, bahkan kadang saya tidak perlu melakukan apa-apa dan Tuhan menyediakan jalan keluar melalui orang lain.

Tuhan telah mengubah saya menjadi bagaimana saya hari ini. Dan saya akan terus setia dan taat pada semua Firman-Nya. Pesan saya kepada orang-orang lain yang seiman, jangan sampai kalian menjual Iman kalian hanya untuk kepuasaan sesaat yang duniawi dimana orang-orang mengorbankan Imannya hanya untuk memperoleh harta, jabatan, kekuasaan dan cinta yang sesaat.

2. Arts

2.1 Pengertian Arts
Seni berasal dari kata sani (Sanskerta) yang berarti pemujaan, persembahan dan pelayanan. Kata tersebut berkaitan erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian. Menurut Padmapusphita, kata seni berasal dari bahasa Belanda “genie” dalam bahasa Latin disebut “genius”, artinya kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir , menurut kajian ilmu di eropa mengatakan “ART” yang berarti artivisual yaitu adalah suatu media yang melakukan suatu kegiatan tertentu.

Seni sangat sulit untuk didefinisikan tetapi umumnya mengacu pada manifestasi manusia dina orang mengekspresikan dirinya melalui lagu, lukisan, patung, gerabah, kain, story telling, ayat, prosa, drama, dan komedi.

3. Religion and Art

3.1 Pengertian Religion and Arts

Definisi dari seni dan agama masing-masing focus pada aspek yang tidak biasa yang berkaitan dengan bagaimana mereka berbeda dari biasa dan profen/sekuler.

Seni dan agama keduanya memiliki formal (museum dan gereja-gereja, kuil) dan informal (taman, rumah, dan tempat-tempat pertemuan reguler) tempat berekspresi.
Masyarakat tingkat negara bagian memiliki struktur permanen untuk agama dan seni.
Masyarakat non tingkat Negara tidak memiliki struktur permanen utk agama dan seni.


Sumber:

disarikan dari website binus materi Human diversities 2: Religion and arts http://binusmaya.binus.ac.id pada tanggal 22 Maret2015 pukul 03.05 WIB

Diunduh dari http://www.notepedia.info/2013/08/pengertian-seni-serta-penjelasannya.html pada tanggal 22 Maret 2015 pukul 08.13 WIB
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar