Rabu, 10 Juni 2015

Ringkasan Materi

Berikut adalah ringkasan materi pertemuan ke-7, 8 dan 9 :)

Human Socialities: Socialization, Social Interaction, and Social Mobility


1. Sosialisasi

gambar 1. ilustrasi sosialisasi
socialitieshttp://www.clare.cam.ac.uk/data/uploads/admissions/undergraduate/subjects/social1.gif

1.1 Peran Sosialisasi

1.1.1 Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial adalah dampak dari isolasi. Interaksi hereditas dan pembangunan manusia merupakan bentuk lingkungan. 

1.1,2 Pengaruh Keturunan

Penelitian mengenai kecerdasan anak kembar menunjukkan  skor yang sama ketika anak kembar dibesarkan terpisah dalam pengaturan sosial yang serupa dan skor sangat berbeda ketika anak kembar dibesarkan terpisah dalam pengaturan sosial yang dramatis berrbeda.

1.2 Sosialisasi dan diri

Diri adalah identitas berbeda yang dimiliki seseorang dan membedakannya dari orang lain.

1.2.1 Cooley: Looking Glass Self, mengatakan bahwa 
  • kita belajar siapa diri kita adalah dengan berinteraksi dengan orang lain
  • pandangan kita mengenai diri kita sendiri berasal dari kualitas pribadi kita dan impresi kita bagaimana orang lain memandang kita
  • diri adalah produk dari interaksi sosial kita dengan orang lain
1.2.2 Pendekatan diri Sosiologi
Mead:
  • Play stage
  • Game stage
  • Prepatory stage
  • Simbol
  • Role taking
  • Generalized other
  • Significant others
1.2.3 Pendekatan diri Psikologi

Menurut Freud, diri adalah produk sosial, bagaimanapun, naluri alami impulsif dalam konflik konstan dengan kendala sosial. Kepribadian dipengaruhi oleh orang lain (terutama orang tua seseorang).

Piaget menekankan
  • tahapan manusia maju sebagai perkembangan diri.
  • Teori kognitif pembangunan mengidentifikasi 4 tahap dalam perkembangan proses berpikir anak-anak.
  • Interaksi sosial merupakan kunci untuk berkembang
1.3 Agen Sosialisasi
  • Keluarga 
  • Sekolah
  • Teman sebaya
  • Media massa dan teknologi
  • Tempat kerja
  • Agama dan Negara
2. Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah respon kita terhadap perilaku seseorang sesuai dengan pengertian yang kita peroleh dari perilaku mereka.

2.1 Elemen Struktur sosial

2.1.1 Status 
mengacu pada salah satu posisi yang didefinisikan secara sosial dalam kelompok besar atau masyarakat. 

Seseorang memegang lebih dari satu status secara bersamaan.

Status terbagi menjadi 3 yaitu ascribed status, achieved status dan master status.

gambar 2. ascribed dan achieved status
2007 The McGraw-Hill Companies, Inc. All rights reserved

2.2.2 Peran Sosial

Satu set harapan bagi orang-orang yang menempati status yang diberikan dan merupakan komponen penting dari struktur sosial.

Peran Sosial terdiri dari role conflict, role strain dan role exit.

2.2.3 Kelompok

Sejumlah orang dengan norma-norma yang sama, nilai-nilai, dan harapan yang berinteraksi satu sama lain secara teratur. Setiap masyarakat terdiri dari banyak kelompok di mana interaksi sosial sehari-hari berlangsung.

2.2.4 Jaringan Sosial dan Teknologi

Jaringan sosial adalah serangkaian hubungan sosial yang menghubungkan orang langsung ke orang lain, dan secara tidak langsung menghubungkan seseorang dengan masih banyak orang lagi.

2.2.5 Institusi Sosial

Pola terorganisir dari keyakinan dan perilaku yang berpusat pada kebutuhan sosial dasar.

3. Mobilitas Sosial

gambar 3. ilustrasi mobilitas sosial http://darmansyah.weblog.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/sites/97/2014/04/social-mobility.jpg

Mobilitas sosial adalah gerakan individu atau kelompok dari satu posisi dalam sistem stratifikasi masyarakat ke posisi yang lain.

3.1 Sistem stratifikasi sosial

Sistem stratifikasi sosial terbagi menjadi dua yaitu sistem terbuka dan sistem tertutup.

3.2 Tipe-tipe mobilitas sosial

Tipe-tipe mobilitas sosial terbagi menjadi mobilitas horizontal, mobilitas vertikal, mobiltas intragenerational.



Human Life Domains 1: Economy, Work, Politics, and The Modern World System

1. Ekonomi dan Kerja

gambar 4. ilustrasi ekonomi dan kerja
http://www.montrealgazette.com/cms/binary/9674569.jpg

Sistem ekonomi  adalah lembaga sosial dimana barang dan jasa yang diproduksi, didistribusikan, dan dikonsumsi.

Masyarakat Industri adalah masyarakat yang tergantung pada mekanisasi untuk memproduksi barang dan jasa.

Dimana di dalam Masyarakat Industri terdapat 2 sistem:

Kapitalisme adalah dimana sebagian besar produksi dilakukan sebagian besar oleh swasta.
Sosialisme adalah Sarana produksi dan distribusi dimiliki secara kolektif dan bukan milik pribadi.
  • komunisme adalah sistem ekonomi di mana semua properti komunal dimiliki dan tidak ada perbedaan sosial yang dibuat atas dasar kemampuan orang untuk menghasilkan.
Tabel 1, Sistem Ekonomi
2012 The McGraw-Hill Companies, Inc. All rights reserved

1.1 Ekonomi Informal 

Ekonomi informal adalah transfer uang, barang, atau jasa yang tidak dilaporkan pada pemerintah.

Di negara-negara berkembang perekonomian informal yang mewakili bagian dari total kegiatan ekonomi yang signifikan.

1.2 Kepuasaan Pekerja
Orang-orang yang memiliki tanggungjawab yang lebih besar dalam memproduksi produk, memiliki kepuasan yang lebih.

Faktor-faktor  yang mempengaruhi kepuasan:
  • pendapatan yang tinggi
  • hari kerja yang lebih sedikit
  • memiliki hubungan yang positif dengan teman kerja
2. Politik dan Pemerintah

Politik menurut Lasswell adalah siapa mendapat apa, kapan dan bagaimana.

2.1 Power and Authority

Power atau kekuatan adalah kemampuan untuk melaksanakan kehendak seseorang atas orang lain. Sumber kekuasaan dalam sistem politik mencakup force atau paksaan dan influence atau pengaruh.
Tipe-tipe kekuasaan adalah authority traditional, legal-rational authority, charismatic authority.

3. Sistem Dunia Modern


Sistem dunia merupakan hasil dari meningkatnya saling ketergantungan budaya dan ekosistem yang dulunya relatif terisolasi oleh jarak dan batas-batas.
Signifikansi khusus untuk pengembangan sistem dunia adalah Age of Discovery Eropa, dimana pengaruh lingkup Eropa mulai diekspor jauh melampaui batas-batas fisik dengan cara penaklukan dan perdagangan.

3.1 Teori Sistem Dunia

Wallerstein berpendapat bahwa perdagangan internasional telah menyebabkan terciptanya ekonomi dunia kapitalis di mana sistem sosial berdasarkan perbedaan kekayaan dan kekuasaan melampaui individu negara.

Sistem dunia diatur sesuai dengan pengaruh: inti/core (paling dominan), semiperiphery/semi-pinggiran, ke periphery/pinggiran (paling sedikit dominan).

3.2  Sistem kelas terbuka dan tertutup

Ketidaksetaraan yang diformalkan telah mengambil banyak bentuk, seperti kasta, perbudakan, dan sistem kelas.
  • Sistem kasta ditutup, sistem turun-temurun dari stratifikasi yang sering ditentukan oleh agama, contohnya sistem kasta agama Hindu di India.
  • Apartheid Afrika Selatan yang hampir sama dengan  sistem kasta, dalam hal ini adalah askriptif dan ditutup melalui hukum.
  • Negara sanksi perbudakan, dimana manusia diperlakukan sebagai properti, adalah bentuk paling ekstrim dari ketidaksetaraan yang dilegalisir.

Human Life Domains 2: Education, Health, Environment

gambar 5. ilustrasi pendidikan
http://www.e-t-e.org/images/header.gif

1. Pendidikan

1.1 Perspektif Sosiologi dalam Pendidikan

Pandangan Fungsionalist:
Fungsi Manifest meliputi transmisi pengetahuan dan penganugrahan status
Fungsi Latent meliputi transmisi budaya, mempromosikan integrasi sosial dan politik, mempertahankan kontrol sosial, melayani sebagai agen perubahan.

Pandangan Konflik:
Pendidikan merupakan instrumen dominasi elit sekolah mensosialisasikan siswa yang ditentukan dengan nilai.

Prinsip Korespondensi: sekolah mempromosikan nilai-nilai yang diharapkan dari individu di setiap kelas sosial dan mengabadikan pembagian kelas sosial dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Pandangan Interaksionis:
Pelabelan dan self fulfilling prophecy menyarankan jika kita memperlakukan orang dengan cara tertentu, mereka dapat memenuhi harapan kita.

Teacher-Expectation Effect adalah dampak harapan guru dan peran besar mereka pada prestasi siswa.


Tabel 2. Perspektif Sosiologi dalam Pendidikan

2007 The McGraw-Hill Companies, Inc. All rights reserved
1.2 1.2 Sekolah sebagai Organisasi Formal

Birokratisasi Sekolah:
Weber mencatat lima karakteristik birokrasi:
  • Pembagian kerja
  • Hirarki kewenangan
  • Aturan tertulis dan undang-undang
  • Sifat umum
  • Pekerjaan berdasarkan kualifikasi teknis
Guru: Karyawan dan Instruktur:
  • Tugas-tugas akademik guru telah menjadi lebih khusus
  • Masih harus mengontrol tatanan sosial
  • 20% guru baru berhenti dalam waktu 3 tahun
  • Sedikit siswa memilih mengajar sebagai karir karena dianggap berpenghasilan rendah
Homescholing:
Lebih dari 1,6 juta anak-anak belajar di rumah:
  • Alternatif yang baik untuk anak-anak dengan ADHD dan LD
  • Tidak memiliki standar seragam yang universal dari negara ke negara
  • Penelitian menunjukkan anak-anak belajar di rumah skor lebih tinggi pada tes standar
  • Beberapa teori menyebutkan kurangnya keterlibatan sosial sebagai masalah dengan home schooling
2. Kesehatan

"Keadaan fisik, mental, dan kesejahteraan sosial yang lengkap, dan bukan hanya tidak adanya penyakit dan kelemahan" (Leavell dan Clark 1965: 14)

Kesehatan dibangun secara sosial. Dan kita bisa melihatnya dalam konteks sosial.


2.1 Kelas Sosial

Orang-orang di kelas bawah memiliki tingkat kematian dan kecacatan yang lebih tinggi.
  • Tampak kumulatif
  • Kurang mampu membayar perawatan medis yang berkualitas
  • Hubungan antara kesehatan dan mobilitas ekonomi
2.2 Gender

Wanita mengalami prevalensi lebih tinggi dari banyak penyakit, tetapi cenderung hidup lebih lama. Mengapa demikian?
Karena wanita memiliki tingkat merokok yang rendah, tingkat minum-minuman keras yang rendah, tingkat melakukan pekerjaan berbahaya yang rendah dan wanita sering mencari berbagai pengobatan.

2.3 Umur

Kebanyakan orang tua di AS setidaknya memiliki satu penyakit kronis. Orang tua juga sangat rentan terhadap masalah kesehatan mental tertentu. Oleh karena itu, orangtua lebih banyak menggunakan layanan kesehatan dibandingkan dengan orang-orang yang masih muda.

2.4 Alternatif untuk layanan kesehatan tradisional

Setidaknya satu dari tiga orang dewasa di AS berusaha untuk mempertahankan kesehatan yang baik atau menanggapi penyakit melalui teknik perawatan kesehatan alternatif.

Pengobatan holistik adalah terapi di mana praktisi kesehatan mempertimbangkan karakteristik fisik, mental, emosional, dan spiritual seseorang.

gambar 6. Penggunaan Pelengkap dan Pengobatan Alternatif
Data from 2007 survey, except for prayer data from 2002 survey.
Source: Barnes et al. 2004, 2008.
3. Lingkungan


gambar 7. ilustrasi lingkungan
http://www.euintheus.org/wp-content/uploads/2013/01/environment-1-612x336.jpg

3.1 Perspektif Sosiologis pada Lingkungan

Orang-orang yang tinggal di lingkungan, memiliki efek yang nyata pada kesehatan mereka.
Peningkatan populasi, bersama-sama dengan pembangunan ekonomi memiliki konsekuensi yang serius pada lingkungan.

3.2 Ekologi Manusia

Ekologi manusia adalah hubungan timbal balik antara manusia dan pengaturan tata ruang dan lingkungan fisik.

3.3 Masalah Lingkungan

Ada tiga bidang masalah lingkungan yang harus diperhatikan, yaitu polusi udara, polusi air dan global warming.

3.4 Pengaruh dari Globalisasi

Globalisasi bisa berdampak baik dan bisa berdampak buruk bagi lingkungan. 
  • Industrialisasi meningkatkan polusi
  • Perusahaan multinasional memiliki insentif untuk hati-hati mempertimbangkan biaya sumber daya alam
  • Pengungsi lingkungan adalah salah satu refleksi dari interaksi antara globalisasi dan lingkungan.

Sumber: 

Disarikan dari BinusMaya Pertemuan ke-7  (16-17 April 2015) Human Socialities: Socialization, Social Interaction, and Social Mobility. Copyright 2002. The McGraw Hill Companies, Inc. All Right Reserved.

Disarikan dari BinusMaya Pertemuan ke-8 (07-08 May 2015) Human Life Domains 1: Economy, Work, Politics, and The Modern World System. Copyright 2002. The McGraw Hill Companies, Inc. All Right Reserved.

Disarikan dari BinusMaya Pertemuan ke-9 (13,15 May 2015) Human Life Domains 2: Education, Health, Environment. Copyright 2002. The McGraw Hill Companies, Inc. All Right Reserved.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar